Mengaktifkan Fitur Hybrid Boot Win8

Posted by Bagus Swara On 10:28 PM

Hybrid Boot Win8

Assalamualaikum wr.wb
Startup yang menggunakan Hybrid Boot prinsipnya menggunakan konsep hibernasi / hibernate untuk proses startup dengan menyimpan memori core Windows ke hard disk dan memanggilnya lagi saat boot sehingga menjadi lebih cepat. Jadi, prinsipnya menggabungkan hibernasi dan normal boot. Keuntungan menggunakan fitur ini adalah waktu startup menjadi lebih cepat lagi. Pada Hybrid Boot, keuntungannya seluruh driver, services, dan device tidak perlu diinisialisasi dan dijalankan setiap kali boot. Data ini akan dibaca dari file hiberfil.sys dan melanjutkan driver atau service yang ditunda akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan dijalankan dengan “cara lama” yaitu Normal Boot atau Cold Boot. Perbedaan prinsip Hybrid Boot dan Normal Boot terlihat pada gambar diatas.
Berikut adalah cara kerja dari Hybrid Boot. Pada proses shutdown komputer, Hybrid Boot akan me-log off pengguna, menutup seluruh aplikasi, dan menunda (suspend) seluruh sistem pada file hibernation yaitu hiberfil.sys. Sedangkan pada proses startup atau boot komputer, Hybrid Boot akan melanjutkan device, driver, dan services yang telah ditunda dari file hiberfil.sys, kemudian pengguna log on ke Desktop dan seluruh aplikasi startup dipanggil.

Ikuti langkah di bawah ini untuk mengaktifkan Fitur Hybrid Boot di Win8:

1. Pertama Anda harus memastikan apakah terdapat file hiberfil.sys pada komputer Anda. Untuk mengeceknya, silakan buka File Explorer, kemudian pada menu Ribbon, klik View, kemudian pastikan terdapat tanda centang pada Hidden Items.
2. Pada menu yang sama, klik Options. Jendela Folder Options akan terbuka.
3. Pada View > Advanced Settings, hilangkan tanda centang pada opsi “Hide protected operating system files (recommended)“.
4. Pastikan terdapat file hiberfil.sys di drive C:\ atau partisi dimana Anda meng-install Windows 8.
5. Sekarang, kita akan memastikan apakah fitur hibernation telah aktif. Arahkan kursor mouse ke pojok kiri bawah layar, klik kanan pada thumbnail menu Start yang muncul untuk mengakses Quick Access Menu. Pilih “Command Prompt (Admin)“.
6. Jendela Command Prompt akan muncul. Ketikkan perintah "powercfg /h on", lalu tekan Enter:
7. Tutup jendela Command Prompt.
8. Buka Control Panel - Hardware and Sound - Power Option - kemidian pilih System Setting di bagian bawah, maka akan melihat tulisan Enable Boot Hybryd, hilangkan tanda centang untuk mematikan atau beri tanda centang untuk mengaktifkan Hybrid Boot di Windows 8.

Hybrid Boot Windows8

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers