Mencetak Pass Foto Menggunakan CorelDRAW

Posted by Bagus Swara On 7:48 PM

Corel

Assalamualaikum wr.wb
Banyak cara yang dapat digunakan untuk mencetak Foto atau gambar sesuai ukuran yang diinginkan, bahkan dalam setiap printer yang kita beli selalu menyediakan tool aplikasi yang dengan mudah dapat digunakan untuk mencetak dalam berbagai ukuran, contohnya Epson Easy Photo Print untuk printer Epson dll. Namun kadang kala ukuran default yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang kita perlukan, sehingga membutuhkan software editing grafis tambahan. Salah satu cara mencetak pas photo sesuai ukuran secara yang mudah dan simple setidaknya menurut saya, saya biasa menggunakan aplikasi desain grafis corel draw. Ikuti langkah dibawah ini masbro.

1.Buka aplikasi Corel ente selanjutnya atur Property Bar pada halaman dengan ukuran A4 (biasanya kertas Foto yang dijual di pasaran berukuran A4), untuk unitnya bisa diganti cm/mm. jangan lupa Impor juga gambar ke dalam stage/halaman dengan klik File – Import atau langsung buka windows explorer kemudian drag/seret file gambar yang dimaksud ke dalam stage/halaman.

Corel1

2.Klik rectangle tool (F6) untuk membuat persegi panjang sesuai ukuran yang kita inginkan, contohnya 40X60 mm, untuk merubah ukuran bisa menggunakan property bar yang tersedia.

Corel1

3.Geserlah foto yang akan kita cetak ke dalam kotak persegi ukuran 40X60 mm yang sudah kita buat sesuai area photo yang akan kita seleksi.

Corel2

4.Atur customisasi efek power-clip dengan klik: Tool – Options – workspace – edit – hilangkan tanda centang pada “Auto-Center New powerClip Contents

Corel3

5.Klik menu “Effect – PowerClip – Place Inside Container” tempatkan cursor mouse pada tepi persegi panjang yang sudah kita buat.

Corel4

6.Untuk menggandakan foto gunakan docker Transformation, untuk memunculkannya klik “Window–Dockers–Tranformations –Position, atur nilai positions 45 mm pada “H” (horizontal atau X) untuk memberi jarak antar foto dan jumlah foto yang akan digandakan , kemudian klik “Apply To Duplicate

Sedangkan untuk penggandaan photo ke bawah, seleksi seluruh photo dengan “Pick Tool” kemudian beri nilai H atau X = 0 dan V atau Y = -65 kemudian klik “Apply To Duplicate”

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers