Blog Archive

Menggunakan Formula pada Tabel di Word

Posted by Bagus Swara On 9:18 PM

Pada Microsoft Word kita dapat menggunakan formula pada tabel untuk membuat penjumlahan, mencari nilai rata-rata, maksimal, minimal dan sebagainya. Berikut ini cara menggunakan formula pada tabel di Word 2010

  1. Cara Membaca Baris dan Kolom pada Tabel
    Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks, untuk itu kita perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah menggunakan formula.

    Membaca Formula

    • Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan gabungan dari baris (1,2, 3, dst) dan kolom (A, B, C, dst).
    • Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya (lihat gambar).
  2. Cara Menggunakan Formula pada Tabel

    Menggunakan Formula

    • Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
    • Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
    • Bila menggunakan:
      • Word 2003, pada menu Table, klik Formula.
      • Word 2007, pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
      • Word 2010 pada Table Tools, Layout, klik Formula.
    • Microsoft Word akan memberikan formula:
      • =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
      • =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.

        Formula table
    • Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
    • Tekan OK, bila sudah selesai.
  3. Cara Melihat Tampilan Formula
    • Klik pada sel yang berisi formula sehingga berwarna abu-abu (lihat gambar) dan tekan SHIFT+F9.
    • Tekan kembali SHIFT+F9 untuk berpindah ke tampilan angka.

      Insert Formula

      Tip: Kita juga bisa menggunakan cara klik kanan pada sel dan pilih Toggle Field Codes.
  4. Cara Update Formula
    Bila ada perubahan nilai pada tabel, klik kanan pada sel yang berisi formula yang akan di-update dan pilih Update Field.


  5. Cara Mengganti Function pada Formula
    • Untuk mengganti function, misalnya dari SUM menjadi MAX, klik kanan pada sel yang akan diganti function-nya.
    • Pilih Edit Field.
    • Pada kotak dialog Field, klik Formula.
    • Pada kotak Formula, hapus function tersebut (tanda sama dengan (=) jangan dihapus).
    • Kemudian pada kotak Paste function pilih function yang diinginkan.
  6. Cara Menggunakan Cell Reference
    • Tulisan LEFT atau ABOVE pada formula dapat diganti dengan cell reference (contoh: A1, A2, B1, dsb).
    • Misalnya kita ingin menjumlahkan sel A2 dengan sel B2. Formulanya adalah seperti berikut: =SUM(a2,b2).
    • Cara ini sangat bermanfaat untuk penjumlahan pada sel yang tidak berurutan ataupun terdapat teks di dekat sel sehingga dapat mengacaukan hasil formula apabila menggunakan LEFT atau ABOVE.

      Edit Formula

    • Klik OK, bila sudah selesai.

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers