Blog Archive

Cara Repair Windows menggunakan Recovery Console

Posted by Bagus Swara On 7:24 PM

Repair XP

Beberapa waktu yang lalu saya telah memposting mengenai Penggenal Windows XP Recovery Console dan bagaimana cara mengaksesnya. Melanjutkan postingan tersebut, dalam kesempatan ini saya akan memposting tentang perintah-perintah yang dapat kita jalankan setelah kita masuk ke Windows XP Recovery Console, khususnya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada komputer.

  • Untuk beberapa perintah dasar yang dapat kita gunakan silahkan lihat postingan sebelumnya tentang Windows XP Recovery Console Command Line.

  • Memperbaiki Boot.ini Yang Rusak
    Pada saat Windows XP startup, program Ntldr melihat file Boot.ini untuk menentukan dimana file-file OS berada dan opsi mana yang harus diambil. Jadi jika file Boot.ini bermasalah maka Windows XP tidak akan dapat melakukan boot dengan benar. Jika anda mencurigai bahwa Windows XP anda tidak bisa boot karena file Boot.ini yang rusak, maka anda bisa menggunakan versi khusus Recovery Console dari tool Bootcfg.
    Dari command prompt Recovery Console ketik: Bootcfg /parameter Gantilah /parameter dengan salah satu parameter dibawah ini:
    • /Add -- Memindai disk untuk semua instalasi Windows dan memperbolehkan anda untuk menambahkan yang baru pada file Boot.ini
    • /Scan -- Memindai disk untuk semua instalasi Windows
    • /List -- Daftar setiap entry pada file Boot.ini
    • /Rebuild -- Membuat kembali file Boot.ini secara total dimana pengguna harus mengkonfirmasi setiap langkahnya.
    • /Redirect-- Mengalihkan proses boot ke sebuah port ketika menggunakan fitur Headless Administration.Redirect parameter-nya membutuhkan dua parameter, [Port Baudrate] | [UseBiosSettings].
    • /Disableredirect --Mematikan pengalihan.
  • Memperbaiki Partition Boot Sector Yang Rusak
    Partition boot sector adalah bagian kecil dari partisi hard disk yang berisi informasi tentang system file OS (NTFS atau FAT32), sebuah program bahasa mesin yang krusial untuk membantu menjalankan OS. Jika anda mencurigai bahwa Windows XP anda tidak bisa melakukan boot karena partition boot sector yang rusak. Untuk menggunakan tool Fixboot , pada command prompt Recovery Console ketik: Fixboot [drive]:
    Dimana [drive] adalah huruf dari drive yang ingin anda perbaiki partition boot sector-nya.

  • Memperbaiki Master Boot Record Yang Rusak
    Master boot record bertanggung-jawab untuk memulai prosedur boot Windows, didalamnya terdapat master boot code yang berfungsi untuk mencari partisi aktif atau bootable pada partition table. Jika master boot record mengalami kerusakan maka partition boot sector tidak akan bekerja dan Windows tidak akan bisa boot. Jika anda mencurigai bahwa Windows XP anda tidak bisa melakukan boot karena master boot record yang rusak, maka anda bisa menggunakan sebuah tool Recovery Console yang disebut Fixmbr. Untuk menggunakan tool Fixmbr, pada command prompt Recovery Console ketik:
    Fixmbr [device_name]
    Dimana [device_name] adalah device pathname untuk drive yang ingin anda perbaiki master boot record-nya. Contoh device pathname untuk drive C adalah :
    \Device\HardDisk0
Untuk Repair lebih lanjut dapat dibaca di postingan Cara Repair Window XP yang Corrupt.

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers