Gigi Berlubang / Karies Gigi

Posted by Bagus Swara On 4:19 AM

Gigi Berlubang

Assalamualaikum wr.wb
Gigi berlubang atau disebut juga karies gigi adalah merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi (enamel,dentin,dan cementum), yang disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang dapat diragikan. Karies akan mengakibatkan kerusakan struktur gigi sehingga terbentuk lubang. Gejala gigi berlubang umumnya adalah Sakit gigi, gigi menjadi sensitif setelah makan atau minum manis, asam, panas, atau dingin, Terlihat atau terasa adanya lubang pada gigi, dan juga menibulkan Bau mulut (Halitosis). Tanda awal dari karies gigi adalah

munculnya spot putih seperti kapur pada permukaan gigi. Ini menunjukkan area demineralisasi akibat asam. Proses selanjutnya adalah warnanya akan berubah menjadi cokelat, kemudian mulai membentuk lubang. Jika spot kecokelatan ini tampak mengkilap, maka proses demineralisasi telah berhenti, yaitu jika kebersihan mulut membaik. Spot ini disebut stain dan dapat dibersihkan. Sebaliknya, spot kecokelatan yang buram menunjukkan proses demineralisasi yang sedang aktif. Karena itu diperlukan pemeriksaan rutin oleh dokter gigi untuk mendeteksi dini timbulnya lubang. Jika kerusakan sudah mencapai dentin, biasanya mengeluh sakit atau timbul ngilu setelah makan atau minum manis, asam, panas, atau dingin. Apabila dokter gigi melakukan pemeriksaan, rasa ngilu terkadang dirasakan saat karies ditelusuri dengan alat sonde/explorer.

Gigi Berlubang

Penyebab karies gigi menurut statistik adalah merupakan penyakit yang paling sering terajdi pada manusia, setelah demam flu. Karies dapat terjadi pada siapa saja, walaupun umumnya sering muncul pada usia anak atau dewasa muda. Karies inilah yang merupakan penyebab utama kehilangan gigi pada usia muda. Penyebab karies gigi adalah karena adanya bakteri straptococcus mutans dan lactobacilli. Bakteri spesifik inilah yang mengubah glukosa dan karbohidrat pada makanan menjadi asam (peragian) melalui proses fermentasi. Asam terus diproduksi oleh bakteri dan akhirnya merusak struktur gigi sedikit demi sedikit. Kemudian plak dan bakteri mulai bekerja 20 menit setelah makan.

Gigi Berlubang

Asam yang diproduksi dalam plak akan terus merusak lapisan email gigi. Kemudian bakteri akan mengikuti jalan yang sudah dibuat oleh asam dan menginfeksi lapisan berikutnya, yaitu dentin. Jika tidak dirawat, proses ini akan terus berlangsung sehingga lubang pada gigi akan semakin dalam. Karies gigi biasanya belum menimbulakn keluhan sakit kecuali telah mencapai bagian dentin dan pulpa. Hal ini dikarenakan pulpa penuh dengan sel saraf dan pembuluh darah akibat terinfeksi, maka akan timbul rasa sakit terus-menerus. Apabila seorang pasien mengeluh rasa sakit bukan hanya setelah makan saja, berarti kerusakan gigi sudah mencapai pulpa. Kerusakan pulpa yang akut akan terjadi apabila keluhan sakit terjadi terus-menerus yang akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari. Komlpikasi kemudian terjadi dengan matinya sel saraf sehingga rasa sakit juga berhenti. Pada tahap ini, biasanya orang sering mengabaikan. Padahal ketika sel saraf mati, proses kerusakan di dalam gigi terus berjalan sampai ke tulang pendukungnya. Akibatnya, cairan akan terkumpul dan terjadi abses atau pembengkakan. abses dimulai dari dalam sampai tampak ke ermukaan gusi. Selain itu, kerusakan tulang pendukung juga menyebabkan gigi mulai goyang. Jika tidak segera dirawat, makan akan berakibat pada pencabutan gigi. Jadi, jika anda sudah merasa memiliki lubang pada gigi anda berdasarkan ciri-ciri diatas, segeralah berkunjung ke dokter gigi untuk mendapat perawatan. Ingat, Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati.

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers