Membuat EXE file di Visual Foxpro

Posted by Bagus Swara On 12:40 AM

Membuat EXE file di Visual Foxpro

Assalamualaikum wr.wb
Setelah melakukan coding dengan membuat banyak form yang dilengkapi dengan ratusan baris source code, langkah terakhir yang dilakukan pastinya adalah mem -build project aplikasi kita menjadi file EXE. File EXE ini nantinya yang akan dijalankan bila ingin mendistribusikan program yang telah dibuat tanpa butuh aplikasi visual foxpro.

Dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Visual Basic atau Delphi, pembuatan EXE ini adalah hal yang sangat sederhana, karna tinggal klik satu menu saja, EXE akan terbentuk dan otomatis bisa dijalankan. Hal ini agak beda dengan Visual Foxpro, walaupun juga menyediakan fungsi pembuatan EXE ini, dengan hanya menjalankan tombol Build di project mamager. Tetapi EXE yang dihasilkan tidak akan otomatis bisa dijalankan, jika tidak melakukan beberapa pengaturan sebelumnya. Masalah yang terjadi dalam pembuatan EXE di Visual Foxpro khususnya bagi pemula biasanya adalah sebagai berikut :

1.File EXE berhasil terbuat tetapi saat dijalankan tidak menjalankan program apa - apa, atau dengan kata lain form utama yang diharapkan tampil pertama kali saat EXE atau program dijalankan, tidak bisa tampil.

2.File EXE saat dijalankan bisa menampikan Form Utama tetapi ternyata dibelakangnya diikuti dengan tampilan form editor foxpro yang terkesan sangat mengganggu.

Untuk dapat mengantisipasi 2 hal diatas, ada beberapa hal yang harus diikuti, dicermati dan diperhatikan. Hal - hal tersebut adalah :

1. Dalam project manager di tab code, tambahkan satu file program.

2. Di file program yang telah dibuat pada langkah 1, minimalnya isikan syntax di bawah ini (dimana frmutm sesuaikan dengan nama form yang nanti akan di jalankan pertama kali saat program dijalankan).

do form frmutm
read event

3. Setelah file program terbentuk, klik kanan file program tersebut dan pilih set main. Nama file program akan tercetak tebal (bold) setelah di set main.

4. Di form utama atau form induk tambahkah syntax clear event di procedure destroy. Syntax clear event ini berpasangan dengan syntax read event. Untuk menutup program diperlukan syntax clear event, sebagai catatan syntax thisform.release dan quit hanya akan menutup form tidak menutup program, jadi jika ingin menutup program keseluruhan perlu syntax clear event (syntax clear event hanya bisa terliat hasilnya setelah jadi EXE, dalam mode editing atau project syntak tersebut tidak berefek apa - apa di form)

5. Jangan lupa property ShowWindow dari form utama atau form induk harus bernilai 2-As top-level Form.

6. Bila langkah 1 - 5 dipenuhi maka EXE yang anda buat dipastikan bisa di jalankan dan form utama anda akan bisa ditampilkan. Tetapi nantinya selain form utama anda yg tampil akan juga ditampilan jendela visual foxpro dibelakangnya. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu tampilan dari aplikasi anda. Untuk mengatasi hal tersebut lakukan langkah 7 atau langkah 8 berikut ini. (langkah 7 & 8 berupa pilihan, yang artinya jika anda menjalankan langkah 7 anda tidak perlu menjalankan langkah 8 dan sebaliknya)

7. Dalam file program yang telah di buat pada langkah 2, tambah syntax _screen.visible=.f. di baris paling atas atau diatas 2 syntax yang telah ada di program utama tersebut.

8. Pada tab Other pada project manager tambahkan Text Files. Kemudian dalam Text Files tersebut ketikkan syntax SCREEN=OFF. Setelah itu simpan Text Files tersebut dengan nama CONFIG.FPW (jangan lupa untuk bisa menyimpan dengan ekstensi .FPW, saat menyimpan di "Save As Type" pilih "All Files" dan di "Save Document" ketikkan CONFIG.FPW.

Dengan menjalankan langkah 1- 8 diatas maka EXE akan terbentuk dengan sempurna dan bisa dijalankan secara normal. Tetapi EXE anda hanya bisa dijalankan jika di Sistem Operasi anda sudah terinstal Microsoft Visual Foxpro, trus bagaimana jika aplikasi Visual Foxpro belum terinstal???...saya yakin EXE anda tetap tidak akan bisa dijalankan, meskipun anda telah melakukan langkah 1 - 8 dengan benar.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas atau jika anda ingin menjalankan EXE anda tanpa tergantung dengan instalasi Microsoft Visual Foxpro maka anda perlu file libary Visual Foxpro yang harus anda sertakan satu folder dengan EXE yang telah anda buat. Untuk itu anda bisa download File Library Visual Foxpro 9.0 (Silahkan dicari di mbah Google)

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers