Manfaat Dzikir untuk Ketenagan Hati

Posted by Bagus Swara On 10:10 PM

Manfaat Dzikir untuk Ketenagan Hati

Assalamualaikum wr.wb
Kecantikan hati adalah pondasi kecantikan lahiriah. Ingatlah akan nasihat Imam Al-Qayyim Al-Jawziyyah, bahwa kondisi hati seseorang akan sangat mempengaruhi wujud lahiriahnya. Ketika marah, muka memerah, ketika takut wajah menguning pucat, maupun ketika malu, raut wajahpun terlihat. Bukankah marah, takut, dan malu itu merupakan pekerjaan hati?

Ketenangan hati sungguh akan dimiliki oleh mereka orang orang yang beriman dan senantiasa teguh keyakinannya hanya bertauhid kepada Allah SWT. Dari ketenangan itulah akan terpancar kebahagiaan batin yang kemudian pada gilirannya akan menjalar pada kekuatan seluruh tubuh, teutama akan menjadi energy pada muka kita.

Karenanya, faktor pertama yang harus kita lakukan adalah berupaya sekuat tenaga membuang sikap buruk dalam hati kita. Kita harus berupaya menyucikan hati jika ingin mempercantik diri. Percuma saja penampilan keren dan cantik, namun tidak menampilkan akhlak dan perangai yang terpuji. Sama sekali perilaku tersebut tidak akan mengesankan siapapun, terutama mereka yang melihatnya. Sungguh kecantikan penampilan dan kesahajaan itu hanya ada pada mereka yang senantiasa berbuat baik dengan penuh ketulusan.

Suatu ketika, ada sahabat ayang mengurung diri di dalam mesjid. Sehabis shalat subuh, ia bukannya pergi guna mencari penghidupan. Yang terjadi justru murung sendiri dan terus menerus larut dalam berdoa.

Peristiwa diatas benar benar menarik perhatian Rasulullah SAW. Akhirnya beliau mendatangi sang sahabat yang sedang murung itu seraya bertanya, “apa yang sedang engkau pikirkan?” sahabat itu menjawab, “aku banyak dililit hutang sementara aku tidak memiliki pekerjaan. Yang aku bisa hanyalah berdoa.” Rasulillah SAW bersabda, “maukah kamu ajarkan doa?” sahabat itu menjawab, “tentu saja”. Lalu Rasulullah SAW mengajarkan doa itu,

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal husni,

Allahumma inni a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali,

Allahumma inni a’udzubika minal bukhli wal jubni,

Allahumma inni a’udzubika min dhil’id dain wa qaH.R.ir rijal,

Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan dan kesedihan,
Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari lemah semangat dan rasa malas,
Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari kikir dan penakut,
Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan orang lain.

Sungguh tidahlah sang sahabat tadi berdoa setiap paginya, dan langsung berangkat ke pasar sehingga dirinya terbebas dari semua hutang hutangnya.

Dengan doa ini mudah mudahan saja kita terbebas dari segala penyakit hati yang delapan diatas, sehingga hidup kita berikutnya bisa sehat, barokah, dan diridhai Allah SWT. Amiin ya robbal ‘alamiin..

Sumber : Abu Muhammad Ar Rafii dalam bukunya "Tips Awet Muda Menurut Al Quran dan Petunjuk Rasulullah"

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers