Menulis Arab di Ms.Word 2010

Posted by Bagus Swara On 3:36 AM

MS.Word

Assalamualaikum wr.wb
Mungkin banyak temen-temen yang belum mengetahui gimana sih cara menulis arab menggunakan Ms.Word, sebetulnya Windows XP maupun Win 7 telah menyediakan fasilitas untuk melakukan hal tersebut, cuma disini kita harus sedikit pengaturan di kontrol panelnya untuk menambahkan atau instal Input Language Arabic Font di Windows.
Langsung aja disaimak masbro

A. Install Keybord Arab di windows 7

1. Klik start menu > Run > intl.cpl > OK atau start menu > control panel > Region dan Language

Label1

2. Klik Tab keyboards dan language > change keyboards

Label2

3. Klik tombol Add dan Pilih ARABIC 101 (SAUDI ARABIA) input language > OK

Label3

4. Setelah Input Language Arabic terinstal (lihat gambar di bawah) > klik OK

Label4

5. Untuk mengganti input bahasa di keyboard, Anda bisa melakukannya lewat language bar yang muncul di taskbar sebelah kanan.

Label5

B. Cara Mengetik di Microsofot Word 2010/br>
1. Untuk memudahkan kita menemukan posisi huruf arab di keyboard, kita bisa gunakan bantuan keyboard virtual, On-Screen Keyboard, bawaan windows. Start Menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard. Kalau Anda sudah hafal dengan posisi huruf Arab di keyboard bisa langsung ke langkah 3.

2. Setelah On-Screen Keyboard muncul, ganti setting bahasa di language bar ke Arabic untuk memunculkan huruf arab di On-Screen Keyboard.

Label6

3. Buka Microsoft Word 2010 dan set align paragraf ke right.

4. Untuk mengetikkan huruf arab Anda bisa klik via On-Screen Keyboard atau ketik dari keyboard komputer. Anda bisa menambahkan harokat setelah selesai satu kalimat atau tiap huruf langsung di beri harokat.

5. Contoh untuk mengetikkan Alhamdulillah di keyboard. h shift+q g shift+x p shift+q l shift+x ] shift+e g shift+a g shift+i

Label7

C. Catatan a. Untuk menambahkan harokat fathah tegak atau kasroh tegak, kita bisa pakai symbols di ms word. - posisikan kursor setelah huruf yang akan di beri harokat

Label8

- Insert > Symbol > More Symbol. - set Font : Arabic Typesetting dan Subset : Arabic - pilih symbol fathah tegak (Character Code : 0670) > Insert.

Label9

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers