Cara Membobol password BIOS komputer

Posted by Bagus Swara On 7:59 PM

BIOS password digunakan untuk memberi keamanan ekstra pada komputer atau laptop. Jika password pada BIOS komputer atau laptop diaktifkan, maka setting BIOS akan aman terlindung dari akses pihak yang usil. Selain itu langkah ini bisa juga untuk melindungi penggunaan komputer / laptop oleh pihak yang tidak berwenang, karena password selalu diminta saat booting.
Sayangnya bisa timbul masalah kalau kita lupa passwordnya. Kita tidak bisa masuk ke setting BIOS, juga tidak bisa menggunakan komputer. Jika Anda menemui masalah tersebut, cara membobol password BIOS komputer di bawah ini bisa dicoba.
Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membobol password BIOS komputer agar reset kembali ke setting defaultnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Melepas baterai CMOS
  2. Dengan cara men-jumping motherboard
  3. Menggunakan MS DOS command
  4. Menggunakan software tertentu
  5. Menggunakan Backdoor BIOS password
Sekarang saya akan jelaskan satu persatu.
  • Lepaskan baterai CMOS
    Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.

    Reset CMOS

    Reset CMOS

    Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.

  • Dengan melakukan jumping motherboard
    Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS termasuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.

    Reset BIOS

    Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagi soket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.

    Perhatian! Lakukan langkah ini dalam kondisi komputer mati dan kabel power dicabut. Jangan lupa menempatkan posisi soket jumper ke posisi semula (tancapkan pada pin 1 dan 2) sebelum menyalakan komputer. Kelalaian akan hal ini akan menyebabkan rusaknya chip BIOS dan komputer Anda akan mati total!

  • Menggunakan MS DOS command
    Cara ini hanya bekerja jika komputer bisa booting dan masuk ke sistem, jadi hanya password BIOS yang terproteksi. Jika boot komputer yang terproteksi, maka cara ini tidak bisa digunakan. Langkah ini menggunakan disket/CD/USB yang berisi program MS DOS. Silahkan jalankan MS DOS, kemudian bukalah command prompt dan ketikan perintah ini satu per satu:

    debug
    o 70 2E
    o 71 FF
    quit

    Catatan: karakter o adalah huruf “o” dan bukan nomor “0” (nol). Setelah mengetikkan command di atas restar komputer. Setting CMOS dan password BIOS telah direset ke default. Command yang ditulis di atas sebenarnya langkah dari program debug MS DOS:
    • command “o” memberikan nilai tertentu ke port IO (input output)
    • angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memory CMOS
    • perintah FF memberitahukan CMOS bahwa ada invalid checksum dan otomatis akan dilakukan reset terhadap setting CMOS termasuk password BIOS.

  • Menggunakan software
    Jika tidak ingin repot melakukan langkah di atas, Anda bisa melakukan reset CMOS dan password BIOS menggunakan software berikut ini dengan beberapa klik. Silahkan download software CmosPwd atau Software KillCMOS.

  • Banyak produsen BIOS yang menyertakan password BIOS di dalam chipnya. Master password ini sebenarnya digunakan untuk keperluan testing atau troubleshooting. Cobalah memasukkan password default pabrikannya dari daftar di bawah ini. Saya tidak tahu apakah ada perubahan mengenai master password BIOS ini, tetapi tidak ada salahnya dicoba.

    AMI BIOS Passwords:
    A.M.I.
    AAAMMMIII
    AMI?SW
    AMI_SW
    AMI
    BIOS
    CONDO
    HEWITT RAND
    LKWPETER
    MI
    Oder
    PASSWORD

    AWARD BIOS Passwords:
    01322222
    589589
    589721
    595595
    598598
    ALFAROME
    ALLy
    aLLy
    aLLY
    ALLY
    aPAf
    _award
    award
    AWARD_SW
    AWARD?SW
    AWARD SW
    AWARD PW
    AWKWARD
    awkward
    BIOSTAR
    CONCAT
    CONDO
    Condo
    d8on
    djonet
    HLT
    J64
    J256
    J262
    j332
    j322
    KDD
    Lkwpeter
    LKWPETER
    PINT
    pint
    SER
    SKY_FOX
    SYXZ
    syxz
    shift + syxz
    TTPTHA
    ZAAADA
    ZBAAACA
    ZJAAADC

    PHOENIX BIOS Passwords:
    BIOS
    CMOS
    phoenix
    PHOENIX

    Passwords umum/sembarang:
    ALFAROME
    BIOSTAR
    biostar
    biosstar
    CMOS
    cmos
    LKWPETER
    lkwpeter
    setup
    SETUP
    Syxz
    Wodj

    BIOS Passwords untuk pabrikan lain:
    Biostar – Biostar
    Compaq – Compaq
    Dell – Dell
    Enox – xo11nE
    Epox - central
    Freetech – Posterie
    IWill – iwill
    Jetway – spooml
    Packard Bell – bell9
    QDI – QDI
    Siemens – SKY_FOX
    TMC – BIGO
    Toshiba – Toshiba
    VOBIS & IBM – merlin

Catatan:
semua password bersifat case-sensitive dan bisa diubah kapan saja oleh produsen.

+ comments + 1 comments

September 9, 2012 at 6:25 AM  

trimakasih, artikel di atas sangat membantu saya dalam menangani masalah paada notebook saya,,,

Terimakasih wahyu qhoirul atas Komentarnya di Cara Membobol password BIOS komputer

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers