Mengenal Domain Name Server (DNS)

Posted by Bagus Swara On 7:39 PM

Mengenal Domain Name Server (DNS)

Assalamualaikum wr.wb
Pada dasarnya internet berjalan berdasarkan nomor IP. Contoh : IP www.google.com adalah 209.85.175.147 atau IP www.katakan-hey.com adalah 209.85.171.121. Jadi yang sebenarnya yang anda lakukan saat browsing adalah mengunjungi nomor-nomor IP adress tersebut. Tapi apakah Anda bisa membayangkan kita harus menghafal nomor-nomor IP tersebut? Disinilah peran DNS.

Domain Name System (DNS) atau biasa juga disebut Domain Name Server (DNS) berguna untuk mempermudah mencari nama URL ke pengguna internet. Untuk lebih jelasnya seperti ini : Anda akan lebih mengenal site katakan-lah www.google.com dibanding 209.85.175.147. Server yang menerjemahkan IP address ke angka dan sebaliknya itulah yang disebut DNS.

DNS diperlukan karna internet dijalankan dengan IP address, terlebih lagi kita sebagai manusia pada umumnnya lebih mudah mengingat kata dibandingkan IP address. DNS menyediakan direktori yang ter-distribusi yang memungkinkan user mengetik URL dan kemudian DNS akan mencarikan IP address dari alamat URL yang diketikkan tersebut.

DNS umumnya bukan merupakan prioritas pertama ketika mencari IP address. Yang pertama dicari adalah tabel alamat yang sudah disimpan dalam cache komputer agar tidak memboroskan bandwidth.Baru ketika komputer tidak menemukan apa yang mereka cari, maka komputer akan menghubungi DNS server terdekat untuk mengetahui apakah DNS server tersebut memilki alamat IP dari apa yang komputer cari. Jika tidak ditemukan lagi makan DNS server akan menghubungi DNS yang terdekat untuk mengetahui adakah alamat dari apa yang dicari. Jika masih juga belum ditemukan makan akan muncul pesan error pada browser.

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers