Cara Install Windows 8.1

Posted by Bagus Swara On 6:08 AM

Win 8.1

Assalamualaikum wr.wb
Windows 8.1 adalah sebuah sistem operasi terbaru dari microsoft. Sistem Operasi ini diluncurkan guna memperbaiki bug atau celah yang terdapat di dalam OS Windows 8. Windows 8 sendiri menurut saya salah satu sistem operasi yang lebih cepat dibanding windows 7 dan juga memiliki berbagai macam fitur yang menarik. Namun, Windows 8 tidak terlalu stabil dalam penggunaannya. Saya sendiri pernah mencoba berbagai macam versi dari Windows 8 dimulai dari versi yang paling dasar yakni Windows 8 Core, lalu Windows 8 Pro, hingga Windows 8 Pro with Media Center. Namun dari semua versi tersebut tidak ada yang terlalu membuat saya berkesan, oleh karena itulah saya memutuskan untuk kembali menggunakan Windows 7 :D

Oke, sebelum saya beritahu bagaimana cara menginstall Windows 8.1 kedalam PC/Laptop Ente. Untuk spesifikasinya sama saja dengan Windows 7 atau Windows 8 yakni :

1.Kecepatan Prosesor : 1 GHz
2.Memori (RAM) : 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk versi 64 bit
3.Kartu grafis : Prosesor grafis DirectX 9 dengan driver WDDM model 1.0
4.Ruang kosong HDD : 16 GB untuk 32 bit dan 20 GB untuk versi 64 bit

Jika persyaratan sistem diatas sudah terpenuhi, kamu bisa menginstall Windows 8.1 ini, namun jika belum, pastikan kamu meng-upgrade beberapa bagian Hardware PC/Laptop yang kamu punya, semakin tinggi semakin bagus :)

Saya merekomendasikan untuk Install secara Fresh, atau Clean Installation. Clean Installation maksudnya adalah kamu melakukan installasi dalam hardisk keadaan kosong atau bukan upgrade dari versi sebelumnya !

Untuk yang baru pertama kali Install Windows, pastikan semua data di backup terlebih dahulu di perangkat penyimpanan lain ! jika tidak, mintalah kepada yang sudah pernah install Windows atau yang lebih Ahli !!!

Hal-hal yang dipersiapkan sebelum installasi adalah :

1. PC/laptop
2. Driver dari PC/Laptop
3. File ISO atau DVD Windows 8.1

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Burn file ISO Windows 8.1 yang kamu download kedalam DVD [Bukan CD !!], atau buat bootable kedalam FD 4GB [Rekomendasi 8 GB]

2. Atur BIOS agar yang muncul pertama adalah DVD, ketika muncul tampilan seperti di bawah ini, pencet tombol apa saja, sehingga muncullah logo Windows..

Gambar1

Gambar2

3. Kemudian akan muncul pengaturan bahasa, keyboard dan waktu. Pilih saja English

Gambar3

4. Lalu muncul tampilan seperti di bawah ini, ketik saja Install Now

Gambar4

5. Setelahnya, kamu diharuskan memasukkan serial key Windows 8.1, jika kamu membeli DVD Retail Windows, biasanya serial ini terdapat di DVDnya, pada proses ini masukkan saja serial installasinya :)

Gambar5

6. Ketika dalam proses persyaratan dan kondisi, pastikan kamu membacanya sampai habis (admin sih ga pernah baca hehehe...) jika sudah, centang dibagian " I Accept the License Terms " lalu klik Next.

Gambar6

7. Karena kita akan melakukan clean installation, pastikan kamu memilih Custom : Install Windows Only (Advanced), jika kamu milih yang Upgrade bla bla bla... maka Windows akan mengupgrade dari versi sebelumnya (sangat tidak disarankan !). Lalu kenapa admin lebih menyarankan Clean Installation ? karena jika kita mengupgrade dari versi sebelumnya akan memiliki banyak masalah, seperti driver yang kurang cocok, BSOD, dan lain-lain.

Gambar7

8. Setelah mengikuti langkah ke-7, kamu akan menemui tampilan seperti di bawah ini, dibagian ini sangat penting, karena kita akan menentukan dimana OS Windows kita terinstall. Jika kita sebelumnya memiliki OS Windows, pastikan kita menghapus partisinya lalu membuat partisi baru. Caranya adalah, klik pada hardisk yang terinstall OS Windows sebelumnya, klik Delete, setelah itu Klik New, kemudian Klik Format. Jika sudah, pilih partisi tersebut dan klik Next.

( INGAT ! JIKA BELUM PERNAH MENGINSTALL WINDOWS, PADA BAGIAN INI, LEBIH BAIK SERAHKAN KEPADA YANG LEBIH AHLI !)

Gambar8

9. Kemudian Windows akan memasuki tahap penyalinan file, kamu tunggu beberapa menit. Biasanya hanya memakan waktu 15-30 menit saja.

Gambar9

10. Jika sudah selesai, Windows akan melakukan restart ulang, pada saat ini, kamu ubah pengaturan di BIOS agar DVD tidak muncul pertama kali, atau saat muncul tampilan seperti langkah 1, jangan pencet apa-apa !

Setelah itu, masukkan berbagai macam Informasi, seperti nama PC, membuat akun Microsoft, dll.

Gambar10

11. Dibagian pembuatan akun microsoft, buat saja asal-asalan, sehingga muncul tampilan di bawah ini. Jika sudah, klik Next

Gambar11

12. Kemudian, jika kamu sudah dalam tahap seperti di bawah ini, Klik "Create a local Account". Lalu kamu buat username, password untuk PC kamu dan klik Next jika sudah selesai

Gambar12

Gambar13

13. Selamat ente telah berhasil menginstall Windows 8.1, bagaimana ? mudah bukan ? :)

Gambar14

+ comments + 7 comments

Anonymous
November 11, 2013 at 11:20 PM  

preview kh gan

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1
Anonymous
December 28, 2013 at 12:07 PM  

@Anonymous:))

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1
December 28, 2013 at 12:31 PM  

gan ane tanya gpp y? cara liat keceoatan prosesor dan Prosesor grafis DirectX 9 dengan driver WDDM model 1.0 itu gmn y gan? klo leptop ane forsa core 2 duo ram 2GB n sering q update, apa bisa gan? mkasih sblumnya hehehehe http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/th_106_.gif

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1
January 30, 2014 at 11:05 PM  

tlong dijelasin donk carany atur BIOS agar boot pertama DVD / FD :(
dan juga masalah partision di babar lebih jelas lagi :D

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1
Anonymous
April 4, 2014 at 10:09 AM  

Thanks info nya

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1
March 11, 2017 at 10:37 AM  

sangat membantu dan bahasanya mudah dipahami

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1
January 21, 2019 at 3:53 PM  

manap gan alat permisah lcd

Terimakasih LOVELYZ TRILOGY atas Komentarnya di Cara Install Windows 8.1

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers