Rukun Rukun Sholat

Posted by Bagus Swara On 10:38 PM

Rukun Rukun Sholat

Assalamualaikum wr.wb
Rukun shalat merupakan semua yang kita lakukan dalam shalat. Rukun shalat berbeda dengan sunah shalat. Jika Rukun shalat salah satunya tidak dilakkukan, maka dapat membatalkan shalat. Hal ini tentunya menjadi hal penting yang harus diketahui oleh sorang muslim. Adapun rukun-rukun shalat antara lain:

1. Takbiratul Ihram
Sebagaimana firman Allah
"Dan Tuhanmu agungkanlah!" (al-Muddatstsir:3)

Rasulullah bersabda:
"Jika engkau hendak mendirikan shalat, maka sempurnakanlah wudhu kemudian menghadaplah ke arah kiblat dan bertakbirlah"(Bukhari, Muslim)

Dalam hadis lain:
"Kunci (pembuka) shalat dalah bersuci (wudhu), permulaannya adalah takbir, dan penghabisannya adalah mengucapkan salam." (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

2. Berdiri bagi yang mampu
"Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wustha (shalat yang di tengah tengah dan paling utama) Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk." (al-Baqarah:238)

Rasullullah menjelaskan cara shalat bagi orang yang tidak mampu berdiri dalam shalatnya dalam sebuah hadis:
"Shalatlah dengan berdiri. Dan jika engkau tidak mampu, maka shalatlah dengan duduk dan jika engkau tidak mampu, maka shalatlah dengan miring (sambil berbaring)." (HR. Bukhari)

3. Membaca surat
Hal ini sebagaimana firman Allah:
...Karena itu bacalah yang mudah (bagimu) dari Al-Qur`an....” (al-Muzzammil:20)

"Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca surat al-Fatihah." (HR. Bukhari dan Muslim dari Ubadah bin shamit)

4. Rukuk
Rukuk merupakan salah satu dari rukun shalat berdasarkan firman Allah:
"Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan." (al-Hajj:77)

Dalam sebuah riwayat disebutkan:
"Nabi jika sedang rukuk, maka mereg angkan jari-jarinya dan jika bersujud, maka menyatukannya." (HR. Al-Hakim)

5. Bangkit dari Rukuk (i’tidal)
Diriwayatkan dari Aisyah:
"Jika Rasulullah sedang rukuk, maka beliau tidak mengangkat kepalanya dan menundukkannya, akan tetapi sejajar antara keduanya. Dan jika ia bangkit dari rukuk, maka ia mengangkat kepalanya dan tidak sujud kecuali telah berdiri dengan sempurna." (HR. Muslim)

6. Sujud 2 kali setiap rakaat
Selain merupakan salah satu dari rukun shalat, sujud juga merupakan perintah Allah kepada orang-orang yang beriman, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah:
"Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan." (al-Hajj:77)

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abbas bin Abdul Muthalib, Rasulullah bersabda:
"Jika ada seorang hambah yang bersujud, hendaklah bersujud dengan tujuh anggota (badannya), yaitu: wajahnya, kedua telapak tangannya, kedua lututnya, dan kedua ujung kakinya." (HR. Muslim)

7. Duduk di antara dua sujud
Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah:
"Dan jika ia (Rasulullah) bangkit dari rukuk, maka ia mengangkat kepalanya dan tidak sujud kecuali telah berdiri dengan sempurna. Dan jika mengangkat kepala dari sujud ia tidak akan sujud kembali sebelum duduk dengan sempurna" (HR.Muslim)

8. Tahiyat akhir
Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang artinya:
"Ketika Nabi sedang berada di posisi rakaat terkahir di dalam shalat, maka beliau mengeluarkan kaki kirinya dan duduk dengan cara tawarruk (menempelkan pangkal paha kiri di atas lantai) kemudian salam" (HR. An-Nasa’i)

9. Salam
Shalat ditutup dengan memberi salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan "Assalamu alaikum Warahmatullah"
Mengucapkan salam yang pertama termasuk rukun shalat, sedangkan yang kedua termasuk sunah shalat. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah:
"Nabi mengucapkan salam satu kali dalam shalatnya dengan menolehkan wajahnya sedikit ke kanan" (HR.Tirmidzi)

10. Tuma’ninah
Berdasarkan hadis Rasululah yang artinya:
"Jika kamu mengerjakan shalat, bertakbirlah, lalu bacalah apa yang kamu bisa dari Al-Qur’an, lalu rukuklah sehingga kamu tuma’ninah, lalu berdirilah hingga kamu lurus, lalu sujudlah hingga kamu tuma’ninah, lalu bangkitlah hingga kamu duduk dengan tenang, lalu sujudlah sehingga kamu tenang dan lakukanlah seperti itu dalam semua shalatmu" (HR.Bukhari dan Muslim)

11. Tertib pada setiap rukunnya
Menurut mayoritas ulama, tertib dalam shalat merupakan salah satu dari rukun. Dalam shalat harus tertib, dimulai dari takbiratul ihram, kemudian membaca surat al-Fatihah, lalu rukuk, i’tidal, sujud, dan seterusnya hingga tahiyat akhir dan disudahi dengan salam

Sumber: http://www.islamnyamuslim.com

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers