Resiko Laptop jika tidak menggunakan baterai

Posted by Bagus Swara On 10:01 AM

Baterai Laptop

Assalamualaikum wr.wb
Kali ini ane akan memerikan artikel mengenai baterai Laptop/Notebook, baterai yang ada pada laptop mau digunakan atau tidak digunakan pasti akan ada umurnya atau mengalami kerusakan. Masalah tentang baterai laptop ini memang banyak sekali terjadi salah kaprah, sebagian orang beranggapan bahwa melepas baterai laptop saat digunakan dan langsung konek dengan adaptor akan pemperpanjang umur ekonomis pada baterai, namun perlu ente katahui bahwa hal ini adalah kesalahan yang fatal jika dilakukan dalam jangka panjang atau secara terus menerus, apa lagi ditambah lagi dengan tegangan listriknya yang cukup besar dan tidak stabil.

Jadi buat temen-temen semua yang mempunyai laptop jangan sering-sering melepas baterai laptop, apalagi untuk pemakaian dengan jangka waktu yang lama karena bisa menyebabkan rangkaian stabilizer yang ada pada mobo (motherboard) laptop cepat rusak karena sebenarnya fungsi stabilizer ini hanya untuk menyetabilkan tegangan yang masuk ke baterai dengan arus yang kecil pada saat di charger... jadi jika baterai dilepas maka rangkaian stabilizer ini akan menyalurkan arus yang lebih besar ke masing - masing hardware pada laptop, sehingga kan memperberat kerja dari rangkaian stabilizer.

Resikonya adalah motherboad laptop ente akan menjadi lebih cepat rusak tergantung dari daya tahan laptop masing-masing. Itu baru motherboard belum lagi hardisk dan komponen lainya, kan sayang jika hanya karena demi umur ekonomis baterai akan menghilangkan data di seluruh hardisk anda dan akan mendapat resiko yang lebih besar seperti di motherboardnya. aduh miris sekali kan jika hal itu sudah terjadi. ( jadi kesimpulannya, kita ambil resiko yang lebih kecil... lebih baik kita memasang baterai daripada melepasnya)

Jika kita memakai notebook untuk game Online, mungkin akan mempercepat umur baterai, ya sekali - kali dilepas tidak masalah. asalkan menggunakan stabilizer, yang gunanya untuk menyetabilkan tegangan. tapi hati-hati juga terhadap listrik mati, yang menyebabkan laptop mati dalam keadaan tanpa shutdown.

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers