Jenis Product Key Windows

Posted by Bagus Swara On 8:48 PM

Key Windows

Assalamualaikum wr.wb
Terdapat berbagai cara untuk mengaktivasi Windows 8 yang telah kita install pada komputer. Sedangkan untuk melakukkan aktivasi Windows, Anda membutuhkan sebuah product key. Tidak usah jauh-jauh, pada saat proses instalasi Windows 8 RTM, ente diminta untuk memasukkan product key yang telah didapatkan, dan secara default langkah ini tidak dapat di-bypass.
Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai berbagai jenis product key untuk produk Windows, khususnya Windows 7 dan 8.
Secara umum, product key Windows dapat dibagi menjadi 5 macam, dibedakan berdasarkan cara Anda mendapatkannya:

a) Retail key
Retail key didapatkan jika Anda membeli Windows di toko-toko retail. Satu key berlaku hanya untuk satu mesin. Validasi bersifat online, sehingga jika key Anda telah digunakan orang lain, maka Anda tidak dapat menggunakannya lagi untuk mengaktivasi Windows.

b) MSDN key
MSDN key hanya dapat diperoleh jika Anda memiliki akses ke situs MSDN. Satu key dapat digunakan untuk 10 mesin yang berbeda. Validasi dilakukan secara online. Sewtelah seluruh kuota key diguanakan, maka key tersebut tidak dapat digunakan lagi.

c) Multiple Activation Key (MAK) key
MAK key biasa hanya untuk institusi atau lembaga yang membeli lisensi produk Windows secara Volume License (VL). MAK Key dibatasi untuk jumlah mesin yang telah ditentukan. Validasi key dapat dilakukan secara online atau lewat telepon.

d) OEM key
OEM keys adalah key yang telah diintegrasi ke dalam sistem Windows yang akan diaktivasi saat digunakan, biasanya terintegrasi pada penjualan notebook yang memiliki OS Windows. Jadi, sudah teraktivasi secara otomatis begitu Windows di-install.

e) Key Management Service (KMS) key
KMS key hanya dapat diaktivasi online melalui server KMS yang telah ditetapkan oleh Microsoft, dan tidak bisa diaktivasi melalui telepon. Setelah Anda mengaktivasi key ini, setiap 6 bulan sekali Anda harus mengaktivasi ulang Windows lewat KMS server.

Dari kelima jenis product key di atas, hanya KMS key yang membuat status aktivasi Windows menjadi bersifat sementara (temporary) setelah divalidasi, yaitu harus diaktivasi secara online setiap 6 bulan sekali. Keempat product key yang lainnya membuat status Windows Anda menjadi teraktivasi secara permanen, artinya key cukup sekali saja dimasukkan untuk mengaktivasi Windows. Hal yang pelu diperhatikan adalah jika Anda mengubah konfigurasi komputer, misalnya motherboard komputer Anda diganti, maka status Windows yang sudah teraktivasi dapat menjadi hilang dan Anda perlu memasukkan key untuk mengaktivasinya lagi. Namun, jika Anda hanya menambahkan hard disk, memory, atau mengganti kartu grafis dan CPU, status aktivasi biasanya tidak akan hilang.

Cara mengaktivasi Windows secara umum ada 2 cara, yaitu aktivasi lewat internet (online activation) dan lewat telepon (phone activation). Untuk mengaktivasi Windows 8 Core, Anda hanya dapat mengaktivasi secara online karena KMS key tidak dapat digunakan untuk Windows 8 Core. Windows 8 Pro dan Enterprise dapat diaktivasi secara online atau telepon.

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers