Cara instal Window XP di Hardisk SATA AHCI [Notebook]

Posted by Bagus Swara On 7:01 PM

Intal Win XP ke Notebook

Beberapa rekan telah mengalami pengalaman kurang menyenangkan ketika melakukan instalasi Windows XP ke Notebook. Menurut sebagian pihak hal ini terjadi karena Windows XP tidak mendukung penuh driver SATA. Agar berjalan lancar, Anda harus menginstall terlebih dahulu driver sata sebelum melakukan instalasi. Namun jangan kuatir, Instalasi Windows XP masih bisa diakali.

Beberapa Vendor menyarankan untuk mengupdate driver SATA dengan menggunakan Floppy disk sebelum Instalasi. Bagi mereka yang tidak memiliki floppy disk, instalasi tetap bisa dilakukan dengan menambahkan driver SATA ke dalam CD Windows XP Bootable dengan program nLite.

Beberapa pihak yang lain berpendapat bahwa kegagalan instalasi Windows XP lebih disebabkan oleh recall program instalasi dari Memori, bukan karena kegagalan sistem mendeteksi Harddisk SATA. Berikut ini cara mengakali Instalasi Windows pada Notebook.

  1. Tekan F2 saat Startup untuk masuk ke dalam BIOS.
  2. Dari Panel di sebelah kiri, pilih ‘Onboard Devices’
  3. Pilih ‘Flash Cache Module’ dan matikan/disable
  4. Pilih ‘SATA Operation’ ganti dari pilihan mode ‘AHCI’ menjadi ‘ATA’.
  5. Abaikan peringatan dan pilih ‘OK’
  6. Simpan dan Keluar dari BIOS
  7. Ulangi Instalasi XP
Cara ini sudah terbukti di beberapa notebook yang diinstall WinXP. Namun saya tidak menjamin keberhasilan instalasi Windows XP pada Laptop atau Komputer lain. Namun jika Anda masih mengalami masalah dengan instalasi Windows XP, tenang.. Masih ada alternatif lainnya. Ikuti langkah berikut:
  1. Buat terlebih dahulu CD Bootable XP dengan tambahan driver SATA dengan nLite.
  2. Burn CD hasil integrasi driver SATA
  3. Install Windows XP seperti biasa.

Jika Anda telah melakukan langkah-demi-langkah cara kedua ini dengan benar, saya yakin Anda bisa menyelesaikan Instalasi Windows XP tanpa masalah.

Semoga bermanfaat.

Sumber: guntingbatukertas.com

+ comments + 1 comments

May 9, 2012 at 6:40 PM  

Notebook sya pake AMD Acer Aspire One tipe 722,,,OS Win XP Sp3.. Pengen di rubah menjadi ACHI apakah bsa bang...???? caranya speti itu jga yahh... terimakasih. mhn bantuanya. sukses selalu blognya.

Terimakasih Ahmad Muhibullah atas Komentarnya di Cara instal Window XP di Hardisk SATA AHCI [Notebook]

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Silahkan dishare dan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih atas komentarnya brada.....!

Bagus Swara

Blog ini ane buat dengan tujuan sabagai E-Book electronic jadi siapa saja yang membutuhan artikel yang ada di blog ini silakan di digunkan, semoga apa yang ane sajikan dapat bermanfaat bagi ente semua....Read More

Langganan

Masukan Email Ente:

Postingan terbaru

Koment Terbaru

Followers